Welcome to My World

Header Kanan

Header Kanan

Tips Memilih Madu Segar - Part 1

"Perumpamaan orang mukmin itu seperti lebah. Ia memakan yang baik. Kalau mengeluarkan, ia mengeluarkan yang baik. Dan, kalau ia hinggap di kayu yang rapuh, ia tidak mematahkannya."
(Hadits Al Baihaqi)
Bagi setiap muslim, ada aturan dalam hal makan yang nggak bisa ditawar lagi - apa pun makanan kita, haruslah memenuhi 2 syarat : halal dan thoyyib - diperbolehkan oleh agama dan baik bagi tubuh.
Saat ini banyak beredar madu asli tapi palsu, ada juga yang beneran palsu di pasaran. Ada yang dipanaskan buat mencapai kekentalan tertentu yang efeknya malah menghancurkan kandungan nutrisi dalam madu.  
Ada sedikit tips untuk mengetahui apakah madu yang mau anda konsumsi adalah madu murni atau bukan. Simak baik-baik tips berikut:

Madu Murni Tidak Lengket
Ambil sedikit madu dan gosokkan di jemarimu. Madu murni meresap ke dalam kulit. Bila lengket, maka ada kemungkinan madu tersebut mengandung gula tambahan atau bahan pemanis buatan.

Karamelisasi 
Ambil beberapa sendok madu dan panaskan di microwave. Madu murni akan menjadi karamel bila dipanaskan, sedangkan madu palsu hanya akan berbuih dan bergelembung-gelembung.
Proses Granulasi
Seiring dengan waktu, madu murni akan mengristal karena adanya kandungan bee pollen dari bunga tertentu dan dalam jumlah banyak. Sementara madu palsu, walau pun dalam rentang waktu yang lebih lama, akan tetap nampak cair seperti larutan sirup. 

Baca juga Tips Memilih Madu Segar part 2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Madu Segar - Part 1"

Post a Comment