Welcome to My World

Header Kanan

Header Kanan

5 Fakta Menakjubkan tentang Cengkeh


Dikenal memiliki kandungan kaya manfaat, cengkeh memang rempah yang menakjubkan. Cengkeh dapat berfungsi sebagai antioksidan, antiseptik, anestesi lokal, anti-peradangan, dan penghangat tubuh. Tumbuhan asli Maluku ini tidak dijumpai di tempat lain sebelumnya, maka tidak heran bila rempah ini menjadi salah satu sebab terjajahnya Indonesia oleh bangsa Eropa. Cek satu-persatu fakta menakjubkan dari cengkeh.

*     Mengandung minyak esensial seperti eugenol – yang merupakan kelas senyawa kimia phenyl-propanoid, yang memberikan rasa nyaman, aroma manis pada kuntum bunga cengkeh. Eugenol ini yang memiliki sifat antiseptik dan anestesi lokal sehingga banyak digunakan dalam perawatan gigi dan prosedur kesehatan lainnya.

*     Kandungan dasar cengkeh juga meningkatkan keluarnya enzim gastro-intestinal yang membantu kinerja pencernaan. Hal ini membuat tubuh terbebas dari masalah konstipasi.

*     Cengkeh mengandung cukup banyak mineral seperti natrium, mangan, besi, selenium dan magnesium. Natrium adalah elektrolit yang penting bagi sel dan cairan tubuh dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan tubuh sebagai faktor pembantu enzim antioksidan.



*     Kuntum cengkeh mengandung cukup vitamin A dan betakarotin. Kedua senyawa ini memiliki sifat antioksidan. Vitamin A juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan penglihatan. Mengonsumsi makanan segar yang kaya flavonoid akan membantu menjaga tubuh dari kanker paru dan kanker rongga mulut.

*     Cengkeh adalah sumber vitamin K, B6, B1, C dan riboflavin. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh membangun pertahanan terhadap infeksi dan radikal bebas.



Sedia Madu Segar Shofi nektar Bunga Cengkeh
Melayani seluruh Indonesia, Pengiriman dari Depok
WA/SMS 081808076098

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fakta Menakjubkan tentang Cengkeh"

Post a Comment